jump to navigation

Melawan Trigliserida yang Tinggi dalam Tubuh June 7, 2013

Posted by aghus in Apakah Anda Tahu ?.
trackback

Trigliserida, awalnya saya tidak begitu kenal dengan kata tersebut, sering mendengar tapi saya masih mengacuhkan. Saya mulai mengenal dan terus mencari informasi tentang trigliserida, setelah beberapa minggu lalu melakukan check-up. Hasil yang diperoleh cukup membuat kaget, kadar trigliserida sebesar 2 kali dari kadar normal😦 . Dokter memberi ‘warning’ kalau kadar trigliserida masuk dalam daerah merah. Tapi dokter memberi saran yang cukup menenangkan, coba perbaiki pola makan bersama olga alias olah raga. Sementara tanpa obat dulu, nanti dilihat lagi setelah 3 bulan. Sepulang dari dokter serta merta langsung duduk di depan si kompi berkonsultasi dengan mbah Google.

Apa itu Trigliserida ?. Trigliserida adalah salah satu partikel yang mengangkut lemak di sekitar tubuh. Lemak sebenarnya terbagi atas Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein, dan trigliserida itu sendiri. Trigliserida akan sangat berpengaruh pada perkembangan penyakit jantung yang hingga kini penelitian mengungkapkan bahwa cara kerja trigliserida belum jelas sebagai faktor resiko.

Dibandingkan ketiga macam kolesterol tersebut, partikel trigliserida berbeda dibandingkan dengan dua partikel lainnya. Trigliserida adalah salah satu partikel yang mengangkut lemak di sekitar tubuh. Hanya sekitar 20 persen dari partikel trigliserida terdiri dari kolesterol. Dan kontribusi relatif dari trigliserida terhadap perkembangan penyakit jantung masih kurang jelas, dibandingkan dengan peran LDL dan HDL yang lebih pasti.

Terus bagaimana cara melawan Trigliserida yang tinggi dalam tubuh kita ? Secara prinsip kita bisa melakukan hal ini dengan menerapkan pola diet dan gaya hidup yang sehat. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah :


Mengurangi Konsumsi Kalori dan Karbohidrat
Konsumsi kalori secara seimbang, sesuai dengan kebutuhan dan energi yang dihabiskan saat melakukan suatu kegiatan. Hitunglah kebutuhan kalori berdasarkan berat badan, usia, tinggi badan, dan tingkat aktivitas fisik kita, sehingga kita bisa mengatur asupan kalori setiap harinya. Selain itu, mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula, dan pilihlah sumber karbohidrat dari karbohidrat kompleks.

Merencanakan Waktu Latihan Olah Raga
Tubuh membutuhkan energi ekstra pada saat latihan olga, semakin banyak energi yang dihabiskan maka kadar trigliserida dalam tubuh akan menurun. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga apapun yang menyenangkan. Sebenarnya saya sudah rutin berenang seminggu 2 kali, masing-masing sejauh 1.5 km. Namun sejak setahun lalu, kebiasaan ini tidak bisa saya lakukan karena satu dan lain hal. Mungkin karena sudah tidak pernah berolah raga kadar trigliserida menjadi tinggi. Tapi bersyukur sekarang sudah mulai rutin olga bersepeda. Sebagai informasi saja, saya memakai tools endomondo untuk memonitor aktifitas olga saya.

Mengurangi Lemak dan Kolesterol Dalam Diet
Kolesterol dan trigliserida yang berlebihan dalam tubuh akan membentuk tumpukan lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk itu sebaiknya kita mengurangi konsumsi lemak jenuh dan mengganti konsumsi lemak kita dengan lemak tak jenuh. Para ahli juga menyarankan orang sehat untuk mengkonsumsi kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari, dan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung tidak lebih dari 200 mg kolesterol per hari. Terus terang bagi saya pribadi hal ini susah untuk mengukurnya. Tapi sedapat mungkin saya mengurangi kadar lemak, seperti mengurangi makanan yang digoreng, dan mengganti dengan makanan yang dikukus. Dari segi rasa, makanan digoreng terasa lebih gurih, tapi demi kesehatan tidak apalah makan dengan makanan yang dikukus.🙂

Mulai Berdiet
Jika Anda bermasalah dengan kelebihan berat badan, mulailah perubahan menuju pola diet yang lebih sehat. Dan pastikan Anda melakukannya dengan menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda, sehingga akan semakin berkurang pula lemak dan trigliserida yang tertimbun dalam tubuh Anda. Alhamdulillah, selama 3 minggu ini, sudah bisa menurunkan berat badan dalam rentang Body Mass Index yang normal. Anda bisa menghitung BMI di sini. Selain itu informasi diet trigliserida bisa juga dilihat di sini

Kita harus mengontrol kadar trigliserida tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai resiko penyakit. Mari kita perbaiki pola makan dan gaya hidup kita, beralihlah ke hal-hal positif agar hidup kita lebih sehat dari sebelumnya. Selamat memulai hidup sehat!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: