jump to navigation

Langkah-langkah membuat web site pribadi September 29, 2011

Posted by aghus in Apakah Anda Tahu ?, Bebas, IT, Ngoprek.
trackback

Ada teman penulis yang minta diberitahu cara untuk membuat website untuk promosi dan tempat jualan babyshop sebagai pendukung untuk bisnis istrinya. Berhubung ada sedikit pengalaman di http://www.elistatenun.com, makanya beranilah penulis jelasin langkah-langkah yang pernah dilakukan. Langkah-langkah ini sebenarnya langkah-langkah strategis saja, belum sampai langkah teknis. Meskipun begitu, langkah-langkah itu perlu juga diketahui. Dan karena ini untuk bisnis, maka agar citra bisnis itu bagus, sebaiknya web site yang dibuat tidak memanfaatkan hosting yang gratis, melainkan dengan menyewa hosting dan menggunakan domain dot com.

Ada 3 (tiga) langkah strategis utama :

1. Mempersiapkan hosting dan domain name.

Langkah pertama saat anda akan membangun web site adalah menyiapkan hosting dan domain name. Untuk bisnis online, persiapan ini diumpamakan dengan menyiapkan tempat toko dan namanya di dunia maya. Anda mesti menyewa tempat jualan ke provider hosting dan memesan nama domain yang belum pernah dipakai oleh orang lain. Harga sewa hosting dan domain sekarang ini sudah bisa dikatakan sangat murah. Harga sewa kalau dirata-rata perharinya hanya kurang dari seribu rupiah. Tentunya masih lebih murah dari segelas es teh di warung tegal. Tetapi coba dibayangkan potensi keuntungan yang diperoleh dari bisnis online, yang bisa mencapai wilayah tidak dibatasi ruang dan waktu, tentunya bisa untuk beli sesuatu lebih dari segelas es teh.🙂

Ada banyak penyedia hosting server yang akan memberikan layanan dalam masalah teknis setelah kita menjadi customernya. Ini juga penulis alami sendiri. Dari saat akan mulai registrasi domain name dan sewa hosting, bantuan konsultasi terus diberikan oleh customer service. Selain itu proses registrasi dilakukan dalam hitungan menit dengan transaksi online. Semua administrasi akan diselesaikan dengan korespondensi email. Pengalaman penulis registrasi hanya memerlukan waktu  kurang 15 menit saja. Setelah itu penulis sudah mempunyai tempat dan nama online.

2. Membuat situs dengan bantuan CMS

Setelah mempunyai tempat dan nama toko, maka kemudian anda mesti mempersiapkan toko itu. Bila kita sewa hosting di hosting provider, maka anda akan diberi user dan password untuk akses ke server mereka. Biasanya anda akan diberi akses dengan menggunakan antar muka cpanel. Dengan menggunakan cpanel itu anda bisa menata toko online anda. Untuk membuat toko online diperlukan CMS (Content Management System). Banyak contoh CMS seperti WordPress, Drupal, Joomla, dsb.  Dan biasanya CMS tersebut sudah disediakan oleh hosting provider di cpanel, anda tinggal menginstalnya melalui cpanel.

Setelah CMS terinstall, biasanya akan ada theme default dari CMS tersebut. Theme itu sangat sederhana, tentunya ada bisa menggantinya sesuka anda. Banyak theme gratis yang bagus dan premium yang bisa diperoleh di Internet. Anda tinggal memilih sesuai dengan selera dan citra yang akan ditampilkan dalam toko online anda.

Untuk mempercantik tampilan toko online anda diperlukan langkah-langkah teknis untuk menambah fitur-fitur sesuai kebutuhan. Sama halnya theme yang banyak tersedia di Internet, anda dapat menambah fitur-fitur secara gratis juga.

3. Merawat dengan mengupdate situs.

Langkah ini adalah langkah yang bisa dikatakan tidak akan pernah selesai dilakukan. Sama halnya dengan mempunyai toko di dunia nyata yang memerlukan pelayan toko yang berkomunikasi dengan pembeli maupun memperbarui barang yang dijual, di toko online juga dilakukan hal yang sama. Perlu disediakan sarana untuk komunikasi antara pembeli dan penjual. Dan juga barang-barang yang sudah tidak tersedia stoknya juga harus diupdate. Selain itu bila sebagai penjual anda sering mengunjungi toko anda sendiri, maka akan membantu meningkatkan hits web site anda.

Sebagai pemilik sebuah toko, tentunya anda ingin toko anda ramai dikunjungi yang tentunya nanti bermuara pada banyaknya jumlah pembeli. Silakan anda mencari tips untuk meningkatkan hits web site toko anda.

Ok deh mungkin itu dulu, kalau ada Agan lain yang punya pengalaman silakan berbagi. Thanks🙂

Comments»

1. Herlina - April 27, 2012

Thankz yach uda brbgi ilmunya dan ini sangat brmaaf bgku dan menjd inspirasi..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: