jump to navigation

Temperatur Processor Komputer / Laptop May 21, 2010

Posted by aghus in IT, Ngoprek, Tips n Trik.
trackback

Processor adalah inti dari komputer / laptop anda. Dia akan langsung bekerja saat anda menyalakan tombol on untuk menyalakan komputer. Bekerja dengan kecepatan yang sangat luar biasa dan akselerasi yang suangaaat cepat dalam hitungan nano detik. Pada saat processor bekerja bila anda memegang prosesor itu maka anda akan merasakan panas. Suhu processor dipengaruhi oleh pekerjaan yang diembannya. Bila anda senang bermain game, maka prosessor akan bekerja lebih keras dibandingkan bila anda hanya melakukan chat dengan teman anda.

Hmm, kalau begitu berapa sih kira-kira suhu yang aman pada saat processor bekerja. Dari beberapa pengamatan komputer milik sendiri maupun punya teman dan baca sana-sini, suhu yang relatif aman (baca: normal) ada di sekitar 50-60 derajat celcius. Bila banyak program yang dijalankan oleh processor maka suhu akan lebih tinggi lagi. Untuk suhu sekitar 60-70 pada beban tinggi masih bisa dikatakan normal. Lalu bagaimana cara kita mengetahui suhu processor tersebut. Kita tidak perlu memegang langsung processor dan menempelkan termometer di processornya🙂. Ada banyak free tool yang bisa didownload (ukuran kecil dan ringan) untuk memonitor suhu processor komputer/laptop kita. Salah satunya adalah real temp.

Kemudian bagaimana kalau ternyata suhu processor komputer kita terlalu tinggi, misalnya 85 derajat celcius bahkan lebih ? Perhatikan tempat anda menjalankan komputer/laptop, bila suhu di ruangan relatif panas, secara tidak langsung akan mempengaruhi processor komputer anda. Sebaiknya suhu ruangan tempat komputer adalah tidak panas, akan lebih baik dengan pendingin udara🙂. Namun bila suhu processor masih tetap tinggi padahal tempat kerja komputer sudah di dalam ruangan berpendingin udara, berarti ada sesuatu yang salah dengan komputer anda.

Bila anda sedang membuka banyak aplikasi, cobalah tutup sebagian aplikasi yang sedang tidak diperlukan saat itu. Karena pada saat anda membuka aplikasi, maka prosesor akan bekerja keras untuk menjalankannya. Bila anda menutup aplikasi yang tidak perlu maka akan mengurangi kerja prosesor, dengan sendirinya suhu prosesor akan turun.

Suhu yang tinggi bisa juga biasanya disebabkan karena sirkulasi sekitar processor tidak sempurna, mungkin karena debu atau heatsinknya tidak bekerja sempurna. Itu tandanya komputer perlu untuk tune up🙂. Silakan hubungi teknisi komputer anda. Itung-itung berbagi rezeki dengan sesama. Namun bila anda sudah terbiasa ‘ngoprek’ alias bongkar-bongkar komputer, dengan segala resiko, silakan bongkar saja sendiri .. he.. he.. he…

Comments»

1. Usman - October 4, 2010

great thank infonya. tapi apakah ada temperatur kerja yang ditentukan oleh produsennya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: