jump to navigation

Makna Zakat April 5, 2010

Posted by aghus in Kutipan Pesan Baik.
trackback

Setiap hari raya idul fitri kita sebagai umat Islam (bila mampu) wajib mengeluarkan zakat fitrah. Dengan zakat fitrah dikeluarkan kita bisa berbagi kebahagiaan. Zakat fitrah adalah salah satu bentuk zakat. Terdapat berbagai bentuk zakat selain zakat fitrah.

Zakat secara bahasa ialah tumbuh, suci dan barokah. Sedangkan zakat secara istilah ialah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan dan diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya (mustahiq zakat), apabila telah mencapai nishab/batas tertentu, dengan syarat-syarat tertentu pula.

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan oleh agama, dan disalurkan kepada orang – orang yang telah ditentukan pula, yaitu delapan golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, miskin, para pengurus zakat, orang yang baru masuk Islam, agar hatinya lunak (tidak bimbang dan kacau setelah masuk Islam), untuk memerdekakan budak, orang-orang yang mempunyai hutang (yang tidak bisa membayarnya) dan untuk jalan Allah (yakni berperang dijalanNya) dan Ibnu Sabil (orang yang kehabisan bekal dalam perjalanannya).” (Qs. At Taubah : 60)

Dalam bahasa Arab, zakat mempunyai beberapa makna :
1. At-Thohuru, membersihkan atau menxucikan. Dengan berzakat Allah akan membersihkan dan mensucikan baik hartanya maupun jiwanya. (lihat Qs. At Taubah : 103)
2. Al-Barakatu, yang artinya berkah, Insya Allah kita akan selalu mendapat keberkahan Allah SWT, yang mana keberkahan ini akan berdampak kepada keberkahan hidup.
3. An-Numuw, yang artinya tumbuh dan berkembang. Insya Allah orang yang selalu membayar zakat hartanya akan selalu terus tumbuh dan berkembang, dan ini disebabkan oleh kesucian dan keberkahan harta karena telah menunaikan zakat.
4. As-Sholahu, yang artinya beres atau keberesan. Mempunyai makna yaitu bahwa orang orang yang selalu menunaikan zakat, hartanya akan selalu beres dan tidak akan dirundung masalah

Bagaimana hukum Zakat ?
Zakat adalah kewajiban kepada setiap muslim yang memiliki harta yang telah sampai nishab untuk dikeluarkan zakatnya. Allah SWT berfirman, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdo’alah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman bagi jiwa mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetakui.” (Qs. At Taubah : 103). Serta ayat yang mengandung “Dirikanlah shalat dan berikanlah zakat.” pada beberapa surat.

Apa saja jenis zakat dan bagaimana menghitungnya ?
silakan klik di sini

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: