jump to navigation

AMD Luncurkan Prosesor Istanbul bulan Juni April 26, 2009

Posted by aghus in Informasi, IT, Ngoprek.
trackback

Ulang tahun keenam prosesor AMD Opteron baru saja digelar AMD di kampus Sunnyvale. Momen ini sekaligus dimanfaatkan AMD untuk mengumumkan beberapa hal.

Pertama, Juni mendatang AMD akan meluncurkan Opteron enam-inti yang bernama kode Istanbul. Kinerjanya disebutkan sampai 30% lebih baik dibandingkan Opteron empat-inti (quad-core).
amdistambul

Direct Connect Architecture 2.0 – dengan 12 inti, kemampuan memori dan I/O yang mendekati kinerja virtualisasi sesungguhnya, dan jajaran power bands dengan konsumsi listrik yang lebih rendah – juga diluncurkan AMD.

Pada tahun 2010, AMD berencana mengirimkan prosesor AMD Opteron 6000 series untuk server 2P dan 4P yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pasar database yang menuntut komputasi dengan performa tinggi dan tervirtualisasi. 6000 series akan diluncurkan dengan menggunakan platform “Maranello” dengan socket G34 socket yang menggunakan prosesor berinti, 8 dan 12, “Magny-Cours”.

Pada tahun yang sama, 2010, juga akan diperkenalkan AMD Opteron 4000 series untuk server 1P dan 2P generasi selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan lingkungan cloud computing dan Web yang tervirtualisasi. 4000 series akan diluncurkan dengan socket C32 dan platform “San Marino” yang menggunakan prosesor “Lisbon” yang memiliki 4 dan 6 inti.

Tahun berikutnya, 2011, prosesor “Interlagos” yang memiliki 12- dan 16-core, berbasis inti “Bulldozer” dan diproduksi dengan menggunakan teknologi pemrosesan 32nm akan mulai dikapalkan dan juga akan didukung platform “Maranello”. Prosesor “Valencia” dengan 6 – 8 inti, juga diciptakan dengan menggunakan teknologi proses 32nm pada platform “San Marino”rencananya akan mulai dikapalkan pada 2011.

Hmmm.. laptop yang saya pakai sekarang masih dengan 2 inti dengan core 2 Duo, kayaknya sudah cepat. Bagaimana cepatnya 4, 8, 12, dan 16 inti ya ? ….🙂

Tulisan diambil dari sini

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: