jump to navigation

The Man Behind The Online System September 23, 2007

Posted by aghus in Bebas, IT.
trackback

Beberapa hari yang lalu motor saya berulang tahun yang ke 11. Dalam rangka kebutuhan tahunan tersebut saya mesti ke kantor Samsat untuk pembayaran administrasi STNK. Kantor Samsat sekarang ini sudah jauh lebih maju dari pada saat motor saya lahir. Sudah banyak perkembangan pelayanan yang jauh lebih maju. Hal ini terlihat dari Visi yang terpampang di tempat strategis saat orang pada mengurus perpanjangan STNK.

Visi : “Terwujudnya pelayanan prima berbasis Teknologi Informasi menuju pemerintahan yang bersih”.

Satu visi yang cukup membanggakan tentunya, dengan tekad untuk jauh lebih baik. Dengan dukungan peralatan TI tentunya bukan suatu halangan saat harus berkomunikasi dengan sistem yang berada di tempat yang berbeda secara geografis. Soalnya kan tinggal klik konek trus bisa dech … :)  Sebagai info saja, kalo STNK saya tidak diterbitkan dari area kantor Samsat yang ini (area Selatan), melainkan oleh Samsat di area yang berbeda (area Barat) meski dalam kota yang sama.

Hari itu (pas puasa nih🙂 ) pagi-pagi  sehabis nganterin anak ke sekolah sudah tiba di kantor Samsat jam 07.55. Loket layanan belum buka. Gak apa khan … belum jam 08.00. Namun demikia antrian sudah ada di loket pendaftaran. Pas jam 8 tet, bukalah loket pendaftaran. Serta merta syarat-syarat perpanjangan STNK dimasukkan untuk dilayani petugas. Sampai semua antrian di depan saya sudah dipanggil, eit … pemanggilan nama saya dilewati antrian orang di belakang saya. Setelah ditanyakan ke loket, petugasnya memberi tahu kalo sistem di area Barat belum online. Ups … okelah toh baru jam 08.10.🙂

Sampai jam 08.40 saya kembali bertanya ke petugas: “Maaf pak, apa kantor area Barat sudah online ?” Dengan jawaban yang (maaf) dengan nada agak tinggi: “Sabar, Tunggu …”  Okelah …. *Puasa, puasa, … cobalah menahan amarah*  Yang menjari pertanyaan kenapa area Barat belum online ? apakah karena puasa ? to karena saluran komunikasi yang terganggu ?

Anyway singkat cerita perpanjangan STNK secara online berakhir 09.35 wib. Alhamdulillah kelar juga akhirnya. Memang terasa lama bila dibandingkan dengan orang yang mengurus perpanjangan STNK tanpa online dari area kantor Samsat area selatan ini yang cuman 40 menit, tapi itu semua tidak begitu dirasakan karena nyamannya ruang berAC. Selain itu pelayanan berbasis TI ini benar-benar sudah memperlihatkan transparansi menuju pemerintahan yang bersih. 

Comments»

1. moenz - September 29, 2007

motor yang setia ya boss😀
btw, kalo online gitu masih pake acara gesek menggesek mesin ga?

2. aghus - October 3, 2007

kl tidak lustrum maka ga perlu gesek menggesek mesin ..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: