jump to navigation

Website tampil di halaman pertama search engine (seperti Google) December 10, 2011

Posted by aghus in IT, Ngoprek, Tips n Trik.
trackback

Sudah hal yang lumrah bila seseorang yang mempunyai website ingin websitenya dapat dengan mudah ditemukan oleh search engine (misal: Google).   Apalagi bila website yang dimiliki adalah website yang berkaitan dengan bisnis secara online. Ada teman saya yang bertanya bagaimana agar website bisnis online miliknya bisa dengan mudah tampil di halaman pertama search engine Google. Dia sempat memberi tahu bahwa dia sudah melakukan otak atik meta tag yang ada di websitenya, namun hasil search di Google belum bisa menempatkan websitenya di halaman pertama search engine.

Oke deh, saya coba berbagi pengalaman pribadi menempatkan sebuah website di halaman pertama search engine Google.com. dengan keyword ‘tenun pekalongan’ dalam waktu 3 hari !!!. Bagaimana caranya ? Orang bilang perlu melakukan langkah optimasi search engine atau istilah kerennya search engine optimization (SEO).  Ada banyak search engine yang digunakan untuk mencari informasi di Internet, seperti : Google, Yahoo, Bing, Excite, dsb. Memang tiap-tiap search engine menggunakan algoritma yang berbeda-beda, namun secara prinsip hampir sama.

Biasanya seseorang yang ingin mencari sebuah informasi di Internet akan menggunakan search engine dengan kata kunci tertentu. Nah kata kunci ini yang mesti kita cermati, kira-kira kata kunci apa yang sering dicari oleh orang dan sesuai dengan karakteristik website yang dipunyai. Dari kata kunci ini search engine akan melakukan pencarian.

Dalam melakukan SEO, ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu optimasi secara internal dan eksternal. Optimasi internal adalah melakukan optimasi secara internal terhadap website kita. Optimasi ini bisa dilakukan sendiri tanpa tergantung dengan pihak ketiga, kecuali meminta masukan dari orang yang ahli. Dan tulisan ini mencoba mengupas optimasi internal. Sedangkan optimasi eksternal sebetulnya sederhana yaitu membuat inbound link dari website yang lain. Optimasi eksternal ini sangat powerful terhadap hasil akhir optimasi. Mungkin dalam tulisan lain kali ya .. :-)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam SEO secara internal :

1. Title, adalah judul website kita yang akan dioptimasi. Banyak orang kurang memperhatikan atau mengetahui pengaruh judul terhadap hasil search engine. Sebagai contoh sebuah toko tas online yang bernama ‘OKE’ hanya membuat judul website dengan ‘OKE Online’ tanpa memberikan informasi apa yang dijual.

2. Buatlah Site Map, ini akan membantu dan memudahkan search engine melihat keseluruhan isi website. Bagaimana cara bikin site map ? Itu gampang kok, tanya sama mbah Google …he..he..he.. :-)

3. Meta Tag, di sini bisa kita tuliskan informasi maupun keyword yang sesuai dengan karakteristik website.

4. Penggunaan jenis heading H1, H2, dsb. Search engine akan melihat huruf-huruf tersebut sebagai informasi tentang website yang dicari.

5. Mesti sering update informasi yang ada dalam website. Tidak harus tiap hari update, tapi yang penting secara rutin updating informasi yang ada di website kita.

6. Beberapa tip optimasi lain yang masih dikaji dan dianalisis pengaruhnya.

Oh ya sebelum lupa, hasil optimasi tidak bisa dilihat dalam waktu sesaat setelah kita update. Perlu beberapa hari atau minggu tergantung langkah optimasi yang kita lakukan. Bila langkah SEO kita tepat, maka hasil yang terlihat (dalam hal ini rating website) di search engine akan lebih cepat.  Good luck !!

Note : Situs yang saya maintain minggu pertama masuk halaman 1, sekarang ini dengan kata kunci yang disebutkan di atas sudah nangkring di urutan 4 halaman 1 dengan search engine google.com. :-)

About these ads

Comments»

1. hanny - December 16, 2011

Ditunggu tulisan berikutnya tentang SEO ya pak. thnx

2. irfan - December 18, 2011

ok keren, informasinya sangat berguna akan di usahakan.

3. seo firm mumbai - June 7, 2013

Just want to say your article is as amazing. The clarity in your post is just great and i can assume you
are an expert on this subject. Fine with your
permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post.
Thanks a million and please carry on the gratifying work.

4. aghus - June 7, 2013

Seo Firm Mumbai : Thank you. I think you are the expert. It is very nice when the article is useful for others. :-)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: