jump to navigation

Manfaat Sayur Kubis March 25, 2010

Posted by aghus in Apakah Anda Tahu ?, Bebas, Informasi.
trackback

Informasi tentang kubis saya cari berangkat dari keinginan untuk makan sayur, namun dengan keterbatasan saya mendapatkan berbagai macam sayuran yang ada, kubis lebih gampang diperoleh. Selain itu kubis harganya relatif murah dan awet disimpan dalam lemari es. Bila saya ingin bikin sayur sop, sayur asem, dan soto, pastilah ada kubisnya, bahkan mungkin kubis ini dalam porsi yang paling besar disajikan dibandingkan dengan sayur lainnya. Rasa penasaran tentang manfaat kubis ini saya rasakan teringat pula saat ibu guru smp yang saat itu (maaf agak galak, jadi teringat terus) bilang kalau kubis tidak ada vitaminnya. Saat itu dengan keterbatasan akses informasi, sebagai murid percaya saja. Namun sekarang hal itu tidak berlaku lagi. :-)

Setelah bergoogling ria saya mendapatkan informasi tentang manfaat kubis yang ternyata luar biasa. Kubis meskipun rasanya seperti hambar ternyata mengandung banyak vitamin C, tidak seperti sayur atau buah lainnya yang berkadar vitamin C yang terasa asam.

Kubis segar mengandung banyak vitamin (A, beberapa B, C, dan E). Kandungan Vitamin C cukup tinggi untuk mencegah skorbut (sariawan akut). Mineral yang banyak dikandung adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Selain itu kubis mengandung serat kasar dan indolum untuk pengobatan tradisional kanker herbal. Jus kubis mentah yang diminum setengah gelas perhari dapat meredakan nyeri pada maag, sebagai pengobatan tumor tradisional dan kanker herbal karena vitamin U dan klorofil yang masih utuh. Vitamin U-nya meredam nyeri sedangkan klorofil (yang susunan molekulnya mirip darah merah manusia) mendorong pertumbuhan sel dan jaringan baru pada luka tukak lambung. Minum jus kubis segera dihentikan setelah lambung tidak nyeri lagi. Informasi lain bisa dilihat di sini dan di sini juga

TENUN Pekalongan ?

http://www.elistatenun.com/

email : elista.collection@yahoo.co.id

Comments»

1. dealer pulsa - November 8, 2010

ya selama ini memang orang beranggapan bahwa kubis ga ada manfaatnya padahal salah

2. Smile _ Happy - December 18, 2010
3. Eka ratna - March 14, 2011

Ada yang bilang kalau makan kubis bisa menyebabkan asam urat…??

aghus - March 15, 2011

Seseorang yang sudah terkena asam urat bisa kambuh asam uratnya karena terpicu makan beberapa jenis sayuran

4. Mochamad Riski Darmawanto - April 24, 2012

Terima kasih atas informasi yang telah anda berikan.

semoga dapat bermanfaat bagi orang banyak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: